Sabtu, 07 Februari 2015

Fakta-fakta mengenai jerawat yang harus anda ketahui

Jerawat, noda muka, bintil, atau apa pun anda menyebutnya, bisa jadi sumber penderitaan serta mengganggu keyakinan diri. Luka disebabkan jerawat bisa pulih dengan cara perlahan-lahan serta saat satu diantaranya mulai terselesaikan jerawat lain bakal muncul.

Hormon bisa jadi pemicu tumbuhnya jerawat. Hal semacam ini banyak berlangsung pada saat remaja. Namun pada intinya kebanyakan orang di seluruhnya tingkatan umur bisa mempunyai jerawat. Sebagian wanita dewasa mempunyai jerawat lantaran hormon yang berlangsung saat saat kehamilan, siklus mentruasi, maupun ketika mengawali atau berhenti konsumsi pil KB.


Gejala-gejala timbulnya jerawat

Jerawat bisa tumbuh di wajah, leher, dada, punggung serta bahu, bergantung pada daerah mana produksi minyak tinggi. Jerawat bisa berupa seperti berikut :

• Komedo (putih ataupun hitam)
Berlangsung bila pori-pori tertutup serta alami kebuntuan disebabkan minyak, sel kulit mati serta kadang-kadang oleh bakteri.

• Papula
Adalah noda muncul pada permukaan kulit disebabkan peradangan serta infeksi pada pori-pori. Papula bisa berbentuk kemerahan yang halus pada kulit.

• Postules
Adalah noda merah yang muncul pada permukaan kulit serta ada nanah pada ujungnya.

• Nodules
Adalah noda yang besar, keras, tonjolan yang perih di bawah permukaan kulit. Tonjolan ini terbentuk disebabkan tumpukan keringat atau minyak yang tersumbat.

• Kista
Kista merasa perih serta adalah tonjolan nanah di bawah permukaan kulit. Infeksi bakal membuatnya bisul yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit.

Penyebab timbulnya jerawat


Ada tiga aspek sebagai pemicu munculnya jerawat :
a. Produksi minyak yang berlebih
b. Sel kulit mati yang terlalu berlebih bakal menyebabkan iritasi pada pori-pori.
c. Berkembangnya bakteri pada kulit

Jerawat berlangsung saat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak serta sel kulit mati. Sumbatan ini bisa jadi pemicu benjolan pada pori-pori serta jadi komedo yang berwarna putih. Atau, sumbatan bisa terbuka di permukaan kulit serta menghitam serta jadi komedo yang berwarna hitam.

Jerawat bakal menyebabkan titik merah dengan pusat berwarna putih yang tumbuh saat pori-pori tersumbat meradang serta terinfeksi. Penutupan serta peradangan ini berlangsung didalam pori-pori kulit yang membuahkan tonjolan di bawah permukaan kulit yang dimaksud dengan kista.

Tak di ketahui apa yang mengakibatkan meningkatnya produksi minyak yang menyebabkan jerawat. Namun banyak hal – hormon, bakteri, perawatan medis spesifik serta keturunan – memerankan.

Jerawat bukanlah dikarenakan oleh kotoran. Kenyataannya, menggosok-gosok kulit terlampau keras atau bersihkan muka dengan sabun yang kasar atau zat kimia lain bakal bikin iritasi pada kulit serta bisa mengakibatkan jerawat jadi tambah kronis. Pembersihan kulit dengan cara simpel untuk menyingkirkan minyak serta sel kulit mati yaitu hal yang dibutuhkan.

Aspek resiko

Pergantian hormon pada badan bisa menyebabkan atau jadi memperburuk jerawat. Pergantian ini umum berlangsung pada :
• Remaja, baik laki-laki ataupun perempuan
• Wanita ataupun anak gadis, pada dua hingga tujuh hari saat sebelum periode mentruasi
• Wanita hamil
• Beberapa orang yang memakai penyembuhan medis spesifik, termasuk juga yaitu cortisone

Aspek resiko lain yang termasuk juga yaitu :
• Pemakaian dengan cara segera zat yang memiliki kandungan minyak pada kulit, atau pemakaian kosmetik spesifik dengan cara segera pada kulit.
• Catatan dalam keluarga – bila orangtua anda mempunyai jerawat, jadi kemungkinan anda akan mempunyai jerawat.
• Gesekan atau desakan di wajah yang dikarenakan oleh beragam benda, seperti telephone maupun telephone genggam, helm, kerah yang ketat serta tas punggung.

 Pencegahan

Waktu jerawat yang anda alami lebih baik atau hilang, anda bisa meneruskan penyembuhan medis atau perawatan yang lain untuk menghindar munculnya jerawat baru. Tanyakan pada dokter anda perihal bagaimanakah anda bisa menghindar munculnya jerawat yang baru. Anda dapat juga menghindar munculnya jerawat baru dengan aksi perawatan diri sendiri seperti bersihkan kulit anda dengan pembersih yang lembut serta jauhi menyentuh ruang yang punya masalah.

Panduan lain untuk menghindar munculnya jerawat yaitu :
• Bersihkan ruang kulit yang mempunyai kencenderungan jerawat bakal muncul 2 x satu hari. Bersihkan kulit bakal menyingkirkan keunggulan minyak serta sel kulit mati. Walau demikian bila terlampau banyak bisa bikin kulit iritasi. Bersihkan kulit dengan pembersih yang lembut serta pakai yang bebas dari kandungan minyak. Manfaatkanlah product perawatan kulit yang memiliki bahan basic air.
• Pakai cream atau jel pembasmi jerawat untuk menolong kulit terus kering dari minyak yang berlebihan. Pakai product yang memiliki kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid juga sebagai bahan aktif.
• Jauhi foundation make up yang berat. Pakai kosmetik cream juga sebagai alas saat sebelum kosmetik bubuk digunakan.
• Bersihkan make up saat sebelum tidur. Tidur dengan kosmetik yang masih tetap melekat pada kulit bisa menyumbat pori-pori kulit. Yakinkan juga tidak untuk memakai kosmetik lama bersihkan peralatan kosmetik anda dengan cara berkala dengan air sabun.
• Jauhi baju ketat. Baju yang ketat bisa menaruh panas serta uap air serta bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Jauhi juga tali/karet, tas punggung, helm atau peralatan berolahraga yang ketat untuk menghindar desakan pada kulit.
• Mandilah sesudah berolah raga atau sesudah lakukan pekerjaan yang berat. Minyak serta keringat pada kulit bisa menahan kotoran serta bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar